Sabtu, 29 Oktober 2011

RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : V / I
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit/2 jam pelajaran (1 pertemuan)
Hari/Tanggal : Senin, 31 Oktober 2011


A. Standar Kompetensi
1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan

B. Kompetensi Dasar
1-1 Mengidentifikasi fungsi organ pernafasan manusia

C. Indikator
- Membuat model alat pernafasan pada manusia
- Mengetahui prinsip kerja paru-paru

D. Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif
a. Produk
b. Proses
- Siswa mampu mengemukakan pendapat
- Siswa berani bertanya
- Siswa mampu mempertahankan pendapat
- Siswa menguasai materi
2. Afektif
- Siswa mampu bekerjasama dengan teman
- Ketelitian dalam menyelesaikan tugas
- Menghargai pendapat teman
- Ketepatan waktu pengerjaan tugas
3. Psikomotorik
- Siswa aktif dalam kelompok, membuat model alat pernafasan pada manusia
- Siswa mampu menjelaskan prinsip kerja model alat pernafasan






E. Materi Pembelajaran
3. Proses pernafasan pada manusia :
Oksigen (zat asam) masuk melalui hidung. Di hidung oksigen disaring kotorannya dan diatur kelembabannya. Dari hidung oksigen menuju ke trakea (pangkal tenggorokan)-bronkus (batang tenggorokan) - bronktolus (cabang batang tenggorokan) dan akhirnya perjalanan oksigen sampai di alveolus (gelembung paru-paru). Di alveolus terjadi pertukaran oksigen dengan karbondioksida (zat asam arang)

F. Metode dan Model Pembelajaran
1. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, demontrasi, eksperimen, diskusi, penugasan
2. Model Pembelajaran
Konstruktivistik

G. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan (5 menit)
a. Apersepsi
Tanya jawab berkaitan dengan model alat pernafasan pada manusia misalnya: Mengapa waktu bernafas dada kita kembang-kempis? Bisakah kalian membuat model alat pernafasan manusia?
b. Penyampaian tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti (20 menit)
a. Ekplorasi
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk membuat model alat pernafasan pada manusia sesuai dengan LKS
- Masing-masing kelompok diskusi dan membuat model alat pernafasan pada manusia dengan bahan yang telah disiapkan.
b. Elaborasi
- Siswa menguji model alat pernafasan yang telah di buat
- Perwakilan kelompok memperagakan proses pernafasan melalui alat tersebut
c. Konfirmasi
- Siswa dibantu guru melakukan koreksi hasil kerja kelompok tentang cara kerja model alat pernafasan pada manusia
- Siswa dibantu guru melakukan perbaikan terhadap alat tersebut sehingga menggambarkan proses inspirasi dan ekspirasi
- Siswa dibantu guru membuat kesimpulan materi pembelajaran
3. Penutup (5 menit)
a. Siswa mencatat kegiatan yang telah dilakukan
b. Guru menyampaikan materi yang akan datang



H. Media dan Sumber Belajar
1. Media
a. Peralatan dan bahan membuat model alat pernafasan (botol plastik, balon karet, bolpoin bekas/slang/sedotan, karet gelang, pisau silet, dan sumbat gabus)
b. Lembar Kerja Siswa
2. Sumber Belajar
a. KTSP
b. Choiril Azmiyawati, dkk., 2008, IPA Salingtemas 5, untuk Kelas 5 SD/MI, Semarang: PT. Bengawan Ilmu, hal. 11-4.

I. Penilaian
1. Kognitif
Produk ( Terlampir)
Proses ( Terlampir)
2. Afektif ( Terlampir)
3. Psikomotor ( Terlampir)































Lampiran 1. Lembar Kerja Siswa
Mengetahui Cara Kerja Alat Pernafasan pada Manusia
Alat, Bahan dan Langkah Kerja:
 Sediakan botol plastik, balon karet, bolpoin bekas/slang/sedotan, karet gelang, pisau silet, dan sumbat gabus!
 Potonglah botol plastik menjadi dua bagian!
 Potonglah bagian ujung dan pangkal bolpoin plastik sehingga terbentuk pipa plastik!
 Masukkan pipa plastik tersebut ke salah satu balon (balon A)! Ikat dengan karet gelang!
 Masukkan pipa plastik (hasil langkah nomor 4) ke sumbat botol!
 Pasang sumbat botol pada mulut botol! Usahakan tidak terjadi kebocoran!
 Potonglah balon kedua (balon B) pada bagian bawahnya dan pasang di bagian bawah botol plastik!
 Sumbatlah bagian atas pipa plastik saat memasang balon B! Ikat dengan karet gelang!

Mengetahui Cara Kerja Paru-Paru
1. Pegang botol dengan tangan kiri! Tariklah balon B dengan tangan kananmu! Apa yang terjadi pada balon A ketika balon B ditarik? Mengapa demikian?
2. Lepaskan tarikan pada balon B! Amati yang terjadi pada balon A!
Apa yang terjadi pada balon A ketika tarikan balon B dilepaskan? Mengapa demikian?
3. Buatlah kesimpulan tentang cara kerja paru-paru!






Lampiran 2: Kunci Lembar Kerja Siswa
1. Pegang botol dengan tangan kiri! Tariklah balon B dengan tangan kananmu! Apa yang terjadi pada balon A ketika balon B ditarik? Mengapa demikian?
Balon A mengembang. Karena pada saat menarik balon B, maka balon B mengerut. Akibatnya, udara masuk balon A. Selain itu, balon A dapat pula terisi udara akibat rongga dalam botol membesar dan udara juga masuk ke dalam balon A tadi..
2. Lepaskan tarikan pada balon B! Amati yang terjadi pada balon A! Apa yang terjadi pada balon A ketika tarikan balon B dilepaskan? Mengapa demikian?
Balon A mengempis, karena pada saat melepaskan balon B, balon B mengendur. Akibatnya, rongga dalam botol mengecil dan balon B mengempis karena udara terdorong keluar.
3. Buatlah kesimpulan tentang cara kerja paru-paru!
Pada saat menarik napas otot diafragma mengerut. Akibatnya, diafragma mendatar, rongga dada membesar, dan udara masuk paru-paru. Proses masuknya udara pernapasan ke dalam paru-paru disebut inspirasi.
Pada saat mengembuskan napas, otot diafragma dan otot antartulang rusuk mengendur. Akibatnya, rongga dada mengecil dan paru-paru mengempis sehingga CO2 dalam paru-paru terdorong keluar. Proses tersebut merupakan proses ekspirasi. Kamu dapat lebih memahami cara kerja paru-paru melalui kegiatan berikut




















Lampiran 3: Penilaian
A. Penilaian Kognitif
1. Penilaian Produk
Rubrik Penilaian
Penilaian Proses Pembuatan Model Alat Pernapasan pada Manusia
No Nama Siswa Pemilihan Alat Keruntutan Letak Alat Proses Pembuatan Hasil Akhir/Kerja Jml skor Nilai
5 4 3 2 1 5 4 3 2 1 5 4 3 2 1 5 4 3 2 1



Skor Maksimal

Keterangan:
Sangat Baik = 5
Baik = 4
Cukup = 3
Kurang = 2
Sangat kurang = 1

Pedoman Penskoran
Skor tertinggi = 4 x 4 = 20 → xt
Skor terendah = 4 x 1 = 4 → xr

Nilai = xt – xr + 1
= 20 – 4 + 1
= 17

Rentang nilai = 17 : 4
4
Interval nilai:
4-7 = D
8-11 = C
12-15 = B
16-20 = A











2. Penilaian Proses
Rubrik Penilaian
Lembar Observasi
No Nama Siswa Mengemukakan Pendapat Bertanya Mempertahan- kan Pendapat Penguasaan Materi Jml skor Nilai
5 4 3 2 1 5 4 3 2 1 5 4 3 2 1 5 4 3 2 1



Skor Maksimal

Keterangan:
Sangat Baik = 5
Baik = 4
Cukup = 3
Kurang = 2
Sangat kurang = 1

Pedoman Penskoran
Skor tertinggi = 4 x 4 = 20 → xt
Skor terendah = 4 x 1 = 4 → xr

Nilai = xt – xr + 1
= 20 – 4 + 1
= 17
Rentang nilai = 17 : 4
4

Interval nilai:
4-7 = D
8-11 = C
12-15 = B
16-20 = A














B. Penilaian Afektif
Rubrik Penilaian
Lembar Observasi
No Nama Siswa Bekerja sama dengan teman Ketelitian pengerjaan tugas Menghargai pendapat Ketepatan waktu pengerjaan tugas Jml skor Nilai
5 4 3 2 1 5 4 3 2 1 5 4 3 2 1 5 4 3 2 1



Skor Maksimal

Keterangan:
Sangat setuju = 5
Setuju = 4
Ragu-ragu = 3
Tidak setuju = 2
Sangat tidak setuju = 1

Pedoman Penskoran
Skor tertinggi = 4 x 4 = 20 → xt
Skor terendah = 4 x 1 = 4 → xr

Nilai = xt – xr + 1
= 20 – 4 + 1
= 17

Rentang nilai = 17 : 4
4

Interval nilai:
4-7 = D
8-11 = C
12-15 = B
16-20 = A














C. Penilaian Psikomotor
Rubrik Penilaian
Lembar Observasi
No Nama Siswa Keaktifan siswa dalam kelompok Kemampuan menjelaskan prinsip kerja alat Jml skor Nilai
5 4 3 2 1 5 4 3 2 1



Skor Maksimal

Keterangan:
Sangat Baik = 5
Baik = 4
Cukup = 3
Kurang = 2
Sangat kurang = 1

Pedoman Penskoran
Skor tertinggi = 2 x 5 = 10→ xt
Skor terendah = 2 x 1 = 2 → xr

Nilai = xt – xr + 1
= 10 – 2 + 1
= 9
Rentang nilai = 9 = 2
4

Interval nilai:
2-4 = D
5-6 = C
7-8 = B
9-10 = A


D. Kriteria Ketuntasan Minimal
KKM = 70

Banjaran, 31 Oktober 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah



…….…….…………………..
NIP. . Mahasiswa Praktikan



ARIF WIDYATMA
NIM : 819759361

RANCANGAN PENILAIAN

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : V/1
No. Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Aspek Penilaian
1. 1. Mengidenti-fikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
1.1 Mengidenti-fkasi fungsi organ pernafasan manusia












Membuat model pernafasan manusia
Mengetahui prinsip kerja paru-paru 1. Kognitif
- Siswa mampu mengemukakan pendapat
- Siswa berani bertanya
- Siswa mampu mempertahankan pendapat
- Siswa menguasai materi
2. Afektif
- Siswa mampu bekerja-sama dengan teman
- Ketelitian dalam menyelesaikan tugas
- Menghargai pendapat teman
- Ketepatan waktu pengerjaan tugas
3. Psikomotorik
- Siswa terlibat aktif dalam kelompok, membuat model alat pernafasan pada manusia
- Siswa terampil menjelaskan sistem kerja alat pernafasan pada manusia Produk :
Membuat model pernafasan manusia
Pengamatan:
Lembar Observasi



Banjaran, 31 Oktober 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah



…….…….…………………..
NIP. . Mahasiswa Praktikan



ARIF WIDYATMA
NIM : 819759361

Tidak ada komentar:

Posting Komentar