Sabtu, 29 Oktober 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : V / I
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit/2 jam pelajaran (1 pertemuan)
Standar Kompetensi : 1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
Kompetensi Dasar : 1.1. Mengidentifikasi fungsi organ pernafasan manusia
Indikator : Mengidentifikasi alat pernafasan pada manusia.

A. Tujuan Pembelajaran
Melalui penjelasan dan tugas, siswa dapat mengidentifikasi alat pernafasan pada manusia.

B. Materi Pokok
Alat pernafasan manusia

C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Kerja Kelompok
3. Penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (10 menit)
- Menyiapkan siswa secara fisik dan psikis untuk mengikuti proses pembelajaran
- Guru meminta siswa menutup hidung dan mulut beberapa saat
- Guru menanyakan apa yang dirasakan siswa
- Guru menjelaskan tujuan dan cakupan pembelajaran
2. Kegiatan Inti (35 menit)
Eksplorasi
- Guru menunjukkan alat peraga gambar organ pernafasan manusia
- Siswa mengamati gambar alat pernafasan pada manusia
- Guru menjelaskan tentang letak dan fungsi organ tubuh manusia
- Tanya jawab tentang alat pernafasan pada manusia
Elaborasi
- Siswa dibentuk 3 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 3 anak
- Masing-masing kelompok mendiskusikan alat pernafasan manusia dan cara kerjanya kemudian mengisi lembar penugasan
- Presentasi kelompok (diwakili seorang anak) tentang sistem pernafasan manusia,siswa lain mengajukan tanya jawab
Konfirmasi
- Guru bersama siswa menyimpulkan materi, siswa mencatatnya
- Guru memberi kesempatan pada peserta didik untuk tanya jawab
- Guru memberikan motivasi agar siswa rajin belajar
3. Kegiatan Akhir (25 menit)
- Guru bersama siswa merangkum pelajaran
- Siswa mengerjakan tes evaluasi tertulis, lalu dibahas dan dikoreksi
- Guru menyampaikan rencana pertemuan selanjutnya

E. Sumber / Media
1. Choiril Azmiyawati, dkk., 2008, IPA Salingtemas 5, untuk Kelas 5 SD/MI, Semarang: PT. Bengawan Ilmu, hal. 1-5.
2. Gambar alat pernafasan manusia

F. Penilaian dan Tindak Lanjut
Tes tertulis
1. Paru-paru manusia dibungkus oleh selaput yang dinamakan ...
2. Di dalam paru-paru oksigen diikat oleh ...
3. Rambut halus dan selaput lendir pada hidung berfungsi untuk ...
4. Salah satu ciri makhluk hidup adalah memerlukan udara untuk ...
5. Paru-paru kanan manusia terdiri atas ... gelambir

Kunci jawaban

1. pleura
2. alveolus
3. menyaring udara agar bebas dari kotoran
4. bernafas
5. tiga gelambir


Pedoman penilaian
Skor tiap nomer soal = 20
Skor maksimal = 100
Nilai = x 100
Sentolo, 03 Oktober 2010
Mengetahui: Mahasiswa,



______________________
NIP.


Arif Widyatma
NIM. 819759361 13 21821

Gambar Alat Pernafasan Manusia
(skala diperkecil)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar