Kamis, 06 September 2012

PROGRAM KERJA/RENCANA KERJA SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013

PROGRAM KERJA/RENCANA KERJA SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013 Nama Sekolah : SD MUHAMMADIYAH BANJARAN Alamat Sekolah : Banjaran Sukoreno Sentolo Kulon Progo BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Rencana Kerja Sekolah (RKS) merupakan sebuah proses perencanaan atas semua hal dengan baik dan teliti untuk mencapai tujuan pendidikan. Dengan tujuan ini sekolah dapat disesuaikan dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, sosial budaya masyarakat, potensi sekolah dan kebutuhan peserta didik. RKS (Rencana Kerja Sekolah) disusun sebagai pedoman kerja pengembangan sekolah, dan sebagai bahan acuan untuk mengidentifikasi serta mengajukan sumber daya yang diperlukan. Penyususnan RKS mengacu pada Undang-undang Nomer 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan dan Rencana Strategis Kementrian Pendidikan Nasional 2010-2014. Dewasa ini kompetisi pendidikan berlangsung sangat ketat dan tajam hampir tiada batas. Sekolah yang tidak mampu bersaing secara fair dan terbuka akan tertinggal terseleksi oleh keadaan. Oleh karena itu SD Muhammadiyah Banjaran perlu mengembangkan dan meningkatkan secara terus menerus dengan memperhatikan sumber daya yang dimiliki, baik sumber daya menusia maupun sumber daya yang lainnya. Kondisi SD Muhammadiyah Banjaran memiliki siswa sebanyak 43 orang, guru sebanyak 8 orang, dukungan dan kepercayaan pemangku kepentingan (stakeholder) yang mendukung, sarana dan prasarana, dan berada di lingkungan persekolah dengan masyarakat yang religius. Menghadapi kondidi tersebut SD Muhammadiyah Banjaran perlu mempersiapkan diri secara mantap dengan menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS ) untuk menghadapi masa yang akan datang. B. Manfaat Program Kerja atau RKS RKS penting dimiliki sekolah, maka SD Muhammadiyah Banjaran menyusun RKS untuk memberi arah dan bimbingan kepada para pelaku sekolah dalam rangka perubahan atau tujuan sekolah yang lebih baik dalam meningkatkan dan mengembangkan denagn risiko yang kecil dan untuk mengurangi ketidakpastian masa depan. Dengan adanya RKS diharapkan dapat dijadikan sebagai : 1). pedoman kerja untuk perbaikan dan pedoman sekolah, 2). sarana untuk melaukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan sekolah, serta, 3). bahan untuk mengajukan usulan pendanaan dan pengemabangan sekolah. C. Tujuan RKS SD Muhammadiyah Banjaran menyusun RKS dengan tujuan untuk: 1. Menjamin agar perubahan / tujuan sekolah yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan tingkat kepastian yng tinggi dan resiko yang kecil. 2. Mendukung koordinasi anatar personil sekolah. 3. Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik antar personil sekolah, antar sekolah dan dinas pendidikan. 4. Menjamin keterkaitan antara perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. 5. Mengoptimalkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat. 6. Menjamin tercapainnya penggunaan sumber daya secara efisien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan. D. Tahap Penyusunan Proses penyusunan RKS dilakukan melalui tiga jenjang, yaitu: persiapan, perumusan RKS, dan pengesahan RKS. Alur proses penyusunan RKS tersebut dapat dilukiskan dalam uraian-uraian sebagai berikut : 1. Persiapan Sebelum perumusan RKS dilakukan, kepala sekolah dan guru bersama komite sekolah membentuk tim perumus RKS yang disebut Kelompok Kerja Rencana Kerja Sekolah. KKRKS beranggotakan 5 orang yang terdiri dari unsur : Kepala Sekolah, , Wakil Kepala Sekolah, dua orang guru dan wakil dari kmite sekolah. Setelah KKRKS terbentuk, selanjutnya mengikuti pembekalan / orientasi mengenai kebijakan-kebijakan pengembangan pendidikan dan perumusan RKS. 2. Perumusan RKS Perumusan RKS dilakukan melalui 4 tahap sebagai berikut: Tahap Kesatu: Identifikasi Tantangan Tujuan tahap 1 ini adalah untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh SD Muhammadiyah Banjaran, yaitu dengan cara membandingkan anatra ”apa yang diinginkan (harapan)” dengan ”apa yang ada saat ini ” di SD Muhammadiyah Banjaran, atau upaya untuk mempertahankan suatu keberhasilan yang telah dicapai sekolah. Identifikasi tantangan dilakukan melalui langkah-langkah berikut ini. 1. Penyusunan profil SD Muhammadiyah Banjaran. 2. Mengidentifikasi harapan pemangku kepentingan. 3. Merumuskan tantangan yang dihadapi SD Muhammadiyah Banjaran. Tahap kedua : Analisis Pemecahan Tantangan Langkah-langkah dalam menganalisis tantangan adalah sebagai berikut: 1. Menentukan penyebab tantangan utama. 2. Menentukan alternatif pemecahan masalah tantangan utama. Tahap ketiga : Penyusunan Program Dalam penyusunan program ada 6 langkah yang perlu dilakukan, yaitu : 1. Menetapkan sasaran. 2. Menetapkan program. 3. Menetapkan penanggung jawab program. 4. Menentukan indikator keberhasilan program. 5. Menentukan kegiatan, dan 6. Menyusun jadwal kegiatan. Tahap keempat : Penyusunan Rencana Biaya dan Pendanaan. Pada tahap ini ditetapkan jenis dan banyaknya dana yang dibutuhkan, perkiraan jenis dan jumlah sumber pendanaan, aturan-aturan dari sumber pendanaan dan alokasi jenis dan sumber pendanaan untuk setiap jenis kebutuhan dana 3. Pengesahan RKS Setelah RKS selesai disusun oleh KKRKS, RKS dibahas bersama oleh kepala sekolah, dewan guru dan komite sekolah untuk dikaji ulang agar RKS yang telah disusun sesuai dengan yang diharapkan. Selanjutnya RKS yang telah dikaji ulang dan diperbaiki disahkan oleh Kepala Sekolah, dan Komite Sekolah. Akhirnya, RKS yang telah disahkan disosialisasikan kepada para pemangku kepentingan di SD Muhammadiyah Banjaran. E. Landasan Hukum Landasan hukum penyusunan RKS ini ádalah sebagai berikut: 1. UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal. 4 (pengelolaan dana pendidikan berdasar pada prinsip keadilan, efesiensi, transparansi dan akuntabilitas publik). 2. UU No. 25/2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional. 3. PP No. 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Psl. 53 ( setiap satuan pendidikan dikelola atas dasar rencana kerja tahunan yang merupakan penjabaran rinci dari rencana kerja jangka menengah satuan pendidikan yang meliputi masa 4 tahun). 4. Permendiknas 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan. Sekolah membuat rencana kerja jangka menengah (RKJM) 4 tahun, rencana kerja tahunan (RKT) dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKA/M) dilaksanakan berdasarkan RKJM. RKJM/T disetujui rapat dewan pendidik setelah memperhatikan pertimbangan dari komite sekolah dan disyahkan berlakunya oleh dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo. BAB II VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH A. Visi, Misi dan Indikator Keberhasilan 1. Visi Sekolah Visi pendidikan SD Muhammadiyah Banjaran dirumuskan sebagai berikut : “Terwujudnya Manusia Muslim yang Cerdas, Kreatif, Mandiri dan Berakhlaq Mulia”. Indikator visi pendidikan SD Muhammadiyah Banjaran dapat dijabarkan sebagai berikut : 1.1 Secara penampilan (performance) menampakkan sebagai sekolah yang bersih, rapi, indah dan terkesan modern. 1.2 Menjadi pusat pembinaan dan pemantapan aqidah, ibadah dan akhlaq mulia, serta penguasaan ilmu pengetahuan, bahasa, keterampilan dan seni bagi siswa SD Muhammadiyah Banjaran. 1.3 Menjadi pusat pengembangan komponen kecakapan hidup (life skill) seluruh siswa SD Muhammadiyah Banjaran. 1.4 Mempunyai prestasi akademik (kejuaraan dalam mata pelajaran dan karya ilmiah) dan non akademik (olahraga, kesenian dan lain-lain). 2. Misi Sekolah Berdasarkan visi dan indikator visi di atas, maka Misi Pendidikan di SD Muhammadiyah Banjaran dapat dirumuskan sebagai berikut : 2.1 Menanamkan pendidikan dasar agama Islam yang yakin dan mantap. 2.2 Membiasakan berperilaku yang baik dan berakhlaq mulia. 2.3 Meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan tuntutan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). 2.4 Mengembangkan kemampuan berpikir logis, kritis dan kreatif. 2.5 Menumbuhkan sikap toleran, tanggung jawab, kemandirian dan kecakapan emosional. 2.6 Membentuk rasa cinta kepada bangsa dan tanah air Indonesia. 3. Indikator Keberhasilan Siswa 3.1 Adanya perubahan perilaku siswa dalam keseharian (perilaku shalat, sikap terhadap guru, orangtua dan lingkungan keluarga). 3.2 Dalam kegiatan-kegiatan akademik siswa mampu meraih prestasi sebagai hasil dari pembinaan. 3.3 Mempunyai kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif dan mandiri dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan perkembangan usianya. 3.4 Memiliki bekal keterampilan dasar yang dapat dikembangkan sebagai pengembangan diri di masa mendatang. 3.5 Alumni dapat terserap di sekolah-sekolah favorit yang diinginkan. B. Tujuan Sekolah Berdasarkan SK Pimpinan Pusat Muhammadiyah No. 65/SK-PP/III-A/I.b/1997 tentang Qoidah Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah Bab I pasal 3 Tujuan Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah adalah membentuk manusia muslim yang beriman, bertaqwa, berakhlaq mulia, cakap, percaya pada diri sendiri, berdisiplin, bertanggung jawab, cinta tanah air, memajukan dan memperkembangkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan, dan beramal menuju terwujudnya masyarakat utama, adil dan makmur yang diridhai Allah SWT. Merujuk Visi dan Misi dan Tujuan Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah maka Tujuan Pendidikan di SD Muhammadiyah Banjaran: 1. Dapat mengamalkan ajaran Islam hasil proses pembelajaran dan pembiasaan. 2. Memberikan keteladan dan bekal akhlak yang terpuji dalam kehidupan sehari-hari di sekolah, di rumah dan dimasyarakat 3. Meraih prestasi kejuaran di bidang akademik dan non akademik 4. Menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan terhnologi sebagai bekal untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi. 5. Menjadikan siswa memiliki tanggung jawab dan kesadaran terhadap kelestarian lingkungan hidup di masyarakat sekitar. 6. Menjadikan sekolah yang diminati oleh masyarakat. BAB III KEADAAN SEKOLAH Gambaran mengenai keadaan sekolah (profil sekolah) dalam kurun waktu satu tahun (2011/2012) dapat dikemukakan sebagai berikut: A. Proses Penerimaan Siswa Baru 1. Proses PSB masih dilaksanakan secara tradisional melalui edaran atau brosur informasi seputar penerimaan siswa baru ke masyarakat disekitar sekolah, dan Taman Kanak-kanak sekitar. 2. Kondisi ekonomi orang tua siwa menengah ke bawah, karena mayoritas berprofesi sebagai buruh tani dan wiraswasta. 3. Jarak antara SD Muhammadiyah Banjaran dengan sekolah dasar lainnya yang berdekatan, yaitu: a. Sebelah Barat dengan SD Negeri Degung berjarak 1 km b. Sebelah Utara dengan SD Negeri 1 Sentolo berjarak 1 km c. Sebelah Timur dengan SD Negeri Gembongan berjarak 1 km d. Sebelah Selatan dengan SD Muhammadiyah Wora-wari berjarak 1 km B. Proses Pembelajaran Pada umumnya proses pembelajaran telah berjalan dengan baik namun demikian ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dan peningkatan yaitu: 1. Rencana pelajaran untuk setiap mata pelajaran sudah tersedia secara lengkap di semua kelas namun dalam rencana pembelajaran masíh ada yang belum memuat: tujuan pembelajaran secara tepat, strategi pembelajaran yang cocok, media pembelajaran yang tepat dan bervariasi. 2. Dalam pelaksanaan pembelajaran, sebagian guru belum melaksanakannya pembelajaran dengan strategi dan metode pembelajaran yang variatif. 3. Keterbatasan alat peraga yang dimiliki menyebabkan pelaksanaan pembelajaran kurang optimal. C. Manajemen Sekolah Pengelolaan kurikulum, kesiswaan, ketenagaan, sarana dan prasarana, humas, dan keuangan dikelola dengan manajemen sekolah. D. Peran Serta Masyarakat 1. Sekolah belum melibatkan orangtua peserta didik dalam menyusun, melaksanakan dan mengevaluasi program sekolah, tetapi baru diwakili oleh pengurus Komite Sekolah. 2. Pekerjaan orangtua peserta didik mayoritas petani/buruh tani dan pegawai swasta yang berpenghasilan kurang. 3. Komite Sekolah bekerja secara maksimal baik sebagai pemberi pertimbangan dukungan, pengontrol dan penghubung dengan pemangku kepentingan. 4. Hubungan dengan masyarakat sekitar dan pemerintahan desa setempat sudah terjalin dengan baik. E. Sumber Daya Pendidikan 1. Sekolah melaaksanakan PBM di pagi hari karena ruang kelas sudah memadai. 2. Sekolah belum memiliki ruang khusus praktikum IPA dan ruang perpustakaan. 3. Guru PNS sebanyak 4 orang dan GTY 4 orang dengan kualifikasi akademik S1 bersertifikasi pendidik berjumlah 2 orang, S1 belum bersirtifikasi 2 orang, D II bersertifikasi pendidik 2 orang dan D II belum bersertifikasi 2 orang. BAB IV RENCANA KERJA SEKOLAH Rencana Kerja SD Muhammadiyah Banjaran disusun dengan mempertimbangkan keadaan sekolah, harapan masyarakat dan tantangan dalam lingkungan strategis pendidikan di sekolah agar sarana dan program sekolah dalam satu tahun ke depan lebih realistis dan efisien serta konsisten dengan prinsi-prinsip pengelolaan pendidkan yang efettif, efisien, akuntabel dan demokratif. Dalam bab ini dikemukakan hasil pengembangan program sekolah, yang mencakup telaah mengenai: 1). sasaran, 2). program, 3). indikator keberhasilan, 4). kegiatan 5). penanggung jawab, dan 6). jadwal kegiatan. Sasaran digunakan panduan dalam menyusun program dan kegiatan dalam satu tahun guna merealisasikan alternatif pemecahan tantangan yang telah dirumuskan pada tahap II. Dalam menetapkan sasaran, sekolah telah melakukan analisis kesiapan sekolah, untuk mencapai sasaran tersebut antara lain dengan melihat kesiapan sumberdaya manusia, sarana dan prasarana, keuangan, dan situasi serta kondisi sekolah. Setelah sasaran dirumuskan sekolah menetapkan program yang perlu dikembangkan. Program merupakan pernyataan berisi kesimpulan dan beberapa alternatif pemecahan tantangan utama yang memiliki karakteristik saling mendukung, saling tergantung dan berkaitan untuk mencapai tujuan yang sama. Berdasarkan identifikasi pemecahan tantangan utama tersebut, program yang akan dikembangkan di SD Muhammadiyah Banjaran sebagai berikut: 1. Mengkaji pelaksanan kurikulum di sekolah dengan prinsip pengembangan sesuai dengan satuan pendidikan yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan. 2. Menyiapkan perangkat standar mutu pendidikan melalui efektifitas pembelajaran dan pembiasaan sesuai lingkungan belajar yang rekreatif, edukatif dan religius. 3. Melaksanakan pemeliharaan, peningkatan dan pengembangan potensi sumber daya pendidik yang profesional dalam rangka mengacu peningkatan berbagai kecakapan dan kecerdasan peserta didik. 4. Berupaya dengan segenap kemampuan untuk dapat mengantarkan peserta didik menuju kecerdasan apresiasi seni budaya. 5. Mewujudkan peserta didik untuk dapat memiliki dasar-dasar life skill yang bermuara pada kemahiran membaca, menulis dan berhitung. Adapun sasaran SD Muhammadiyah Banjaran tahun 2012/2013 adalah: 1. Mengembangkan kurikulum sekolah sesuai potensi peserta didik agar mampu menjadi manusia Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat jasmani dan rohani, berilmu, cakap, kreatif dan mandiri. 2. Meningkatkan mutu pendidikan melalui efektifitas pembelajaran dan pembiasaan sesuai lingkungna belajar yang rekreatif, edukatif dan religius. 3. Memelihara, meningkatkan dan mengembangkan potensi sumber daya manusia pendidik yang profesional dalam rangka memacu peningkatan berbagai kecakapan dan kecerdasan peserta didik. 4. Peserta didik memiliki dasar life skill bermuara pada kemahiran calistung. Sedangkan kegiatan sekolah SD Muhammadiyah Banjaran yang akan dilaksanakan pada tahun ajaran 2011/2012 adalah sebagai berikut : 1. Melaksanakan dan mengembangkan kurikulum sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum sesuai tuntutan satuan pendidikan yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan. 2. Melaksanakan uji mutu pendidikan sesuai (standar kelulusan) melalui efektifitas pembelajaran, ekstrakulikuler dan pembiasaan dengan pemanfaatan lingkungan konstektual sebagai pusat pembelajaran rekreatif, dan edukatif. 3. Melaksanakan sistem pembinaan yang profesional dalam rangka memelihara, meningkatkan dan menegmbangkan potensi sumber daya pendidik melalui wadah KKG, KKKS, pendidikan dan latihan, Penelitian Tindakan Kelas, secara berkala dan berkesinambungan 4. Melaksanakan, mengembangkan dan mengevaluasi berbagai kegiatan pembelajaran untuk dapat memacu peningkatan kualitas peserta didik menuju kecerdasan apresiaasi terhadap seni budaya dan budaya karakter bangsa. 5. Melaksanakan, mengembangkan, dan mengevaluasi bentuk pembelajaran yang bermuara pada kemahiran membaca, menulis, dan berhitung sebagai dasar life skill yang dibutukhkan untuk mengikuti jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Adapun Program Kerja SD Muhammadiyah Banjaran tahun 2012/2013 secara terperinci adalah sebagai berikut : RINCIAN PROGRAM KERJA SD MUHAMMADIYAH BANJARAN TAHUN 2012/2013 Bidang Program Sub Bidang Program Indikator Keberhasilan Program Acuan Program 1. Standar Isi 1.1 Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. (memuat visi, misi, tujuan sekolah, kerangka dasar dan struktur kurikulum, serta beban belajar). Memiliki dokumen kurikulum sekolah yaitu: 1) dokumen I KTSP memuat: visi, misi, tujuan sekolah, kerangka dan struktur kurikulum, beban belajar, ketuntasan mengajar, dll, 2) dokumen II KTSP memuat: silabus dan RPP yang dibuat semua guru yang di sekolah). - Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang SNP - Permendiknas No. 22 tahun 2006 Tentang Standar Isi - Permendiknas no 24 tahun 2006 1.2 Penyusunan Kalender Pendidikan Memiliki dokumen Kalender Pendidikan 2. Standar Proses 2.1 Penyusunan Perencanaan Proses Pembelajaran Tersedia perangkat pembelajaran (perencanaan proses pembelajaran) yang lengkap. - Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang SNP - Permendiknas No. 41 Tahun2007 Tentang Standar Proses 2.2 Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Terciptanya pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. 2.3 Penilain hasil pembelajaran Tersedianya bank soal yang bermutu Memiliki dokumen penilaian yang rapi. 2.4 Pengawasan proses pembelajaran Terlaksananya pengawasan pembelajaran yang efektif dan efisien. 3. Standar Kompetensi Lulusan 3.1 Penyusunan Standar Kompetensi Lulusan yang meliputi untuk semua mata pelajaran yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Tersedianya Standar Kompetensi Lulusan yang sesuai dengan jenis kelainan, dan jenjang pendidikannya. - Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang SNP - Permendiknas No. 23 tahun 2006 Tentang Standar Isi Bidang Program Sub Bidang Program Indikator Keberhasilan Program Acuan Program 4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan 4.1 Pendidik : - Menetapkan jumlah rasio guru siswa 1 : 5 Tersedia jumlah guru sesuai dengan yang dibutuhkan. - Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang SNP - Permendiknas No. 32 tahun 2008 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Pendidikan Khusus - Menetapkan kualifikasi akademik guru S1 PGSD Semua guru memiliki kualifikasi akademik minimal S1 PGSD - Mengupayakan agar semua guru memahami, menghayati, dan melaksanakan 4 Kompetensi Guru Semua guru memahami, menghayati, dan melaksanakan 4 Kompetensi Guru - Mengusulkan semua guru untuk memperoleh sertifikat sebagai pendidik (sertifikasi guru). Bertambahnya guru yang bersertifikat pendidik sebanyak 2 orang guru (sertifikasi guru). - Mengupayakan agar semua guru mampu menggunakan ICT Semua guru mampu menggunakan ICT untuk keperluan tugasnya. 4.2 Tenaga Kependidikan : - Mengupayakan agar memiliki Kepala sekolah tetap Memiliki kepala sekolah tetap - Penambahan tenaga untuk tenaga administrasi dan tenaga perpustakaan Tersedianya tenaga administrasi dan tenaga perpustakaan - Bimbingan kerja bagi tenaga kebersihan sekolah. Tersedianya tenaga kebersihan yang mampu bekerja sesuai dengan tugas pokoknya. Bidang Program Sub Bidang Program Indikator Keberhasilan Program Acuan Program 5. Standar Sarana dan Prasarana 5.1 Mengusulkan sarana penunjang pembelajaran ke APBD/APBN melalui Dinas Pendidikan Provinsi. Tersedianya sarana penunjang pembelajaran yang lengkap. - Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang SNP - Permendiknas No. 33 tahun 2008 Tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk SDLB, SMPLB, dan SMALB 5.2 Melengkapi buku-buku sumber relajar dan alat peraga pembelajaran Semakin lengkapnya buku sumber relajar dan alat peraga pembelajaran. 5.3 Pemeliharaan sarana dan prsarana Terpeliharanya sarana dan prasarana sekolah. 6. Standar Pengelolaan 6.1 Menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Terwujudnya kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas. - Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang SNP - Permendiknas No. 19 tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan 6.2 Penyusunan struktur organisasi sekolah. Tersusunnya organisasi sekolah dan tupoksinya secara jelas 6.3 Pengelolaan Administrasi Sekolah Tersusunnya administrasi sekolah yang lengkap dan baik 6.4 Pengelolaan Kurikulum - Tersusunnya kurikulum sekolah yang memperhatikan validitas, reliabilitas, dan fleksibilitas. - Terlaksananya kurikulum secara sistimatis, tuntas, dan proporsional. 6.5 Pengelolaan Ketenagaan - Adanya pembagian tugas yang jelas - Terlaksananya pembinaan pegawai yang sistematis, dan kontinyu. - Tumbuh dan berkembangnya budaya kerja yang dilandasi dengan disiplin, etos kerja yang tinggi, dan kekeluargaan. Bidang Program Sub Bidang Program Indikator Keberhasilan Program Acuan Program 6.7 Pengelolaan Kesiswaan - Adanya sistem penerimaan murid baru yang tertib dan teratur. - Terlaksananya penempatan siswa dalam kelas secara tepat. - Terwujudnya pelayanan kepada siswa secara sistematis, kontinyu, dan proporsional. 6.8 Pengelolaan Sarana dan Prasarana - Adanya pendayagunaan sarana dan prasarana secara optimal. - Terlaksananya penambahan sarana dan prasarana secara kontinyu. - Adanya perawatan sarana dan prasarana. 6.9 Pengelolaan Humas - Terciptanya hubungan dan kerjasama yang baik dengan masyarakat. 6.10 Pengelolaan Keuangan - Adanya dana yang masuk secara teratur serta penggunaannya secara tepat. - Terwujudnya pengelolaan keuangan yang transparan, dan akuntabel. 6.11 Pelaksanaan Evaluasi Program Kerja Sekolah - Terlaksananya evaluasi program kerja sekolah secara tepat. - Diperolehnya hasil evaluasi sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan tindak lanjut dan pembuatan program kerja tahun berikutnya. Bidang Program Sub Bidang Program Indikator Keberhasilan Program Acuan Program 7. Standar Pembiayaan 7.1 Menyediakan dan pendidikan dari BOS Terealisasinya dana BOS untuk dana pendidikan - Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang SNP - Buku Panduan BOS tahun 2011 7.2 Mengelola dana pendidikan dari BOS secara transparan, efektif, efisien, dan akuntabel. - Adanya rencana pembelanjaan yang jelas yaitu dengan tersusunnya RAPBS. - Terpenuhinya keperluan-keperluan pendidikan secara tepat sesuai dengan peruntukannya. - Terwujudnya pengelolaan dana yang transparan, efektif, efisien, dan akuntabel yaitu dengan tersusunnya LPJ BOS yang baik 8. Standar Penilaian Pendidikan 8.1 Menyusun pedoman penilaian sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan. Memiliki pedoman penilaian yang tersusun dengan rapi dan terencana. - Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang SNP - Permendiknas No. 20 Tahun 2007 Tentang Standar Penilaian Pendidikan 8.2 Melaksanakan penilaian pendidikan sesuai dengan pedoman. - Memiliki dokumen penilaian yang lengkap, komprehensif dan rapi. - Memiliki instrumen penilaian yang lengkap. - Tersusunnya laporan hasil penilaian pendidikan yang lengkap dan sistematis. PROGRAM KERJA SEKOLAH (RKS) DAN ALOKASI WAKTU PELAKSANAAN SD MUHAMMADIYAH BANJARAN TAHUN 2012/2013 No. Komponen Program Semester I Semester II Penanggung Jawab Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Januari Februari Maret April Mei Juni (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) (11) (12) (13) (14) (15) I STANDAR ISI Kepala Sekolah 1.1 Penyusunan Kurikulum sekolah ( Dokumen I, dan Dokumen II) √ 1.2 Penyusunan Kalender Pendidikan √ II STANDAR PROSES Kepala Sekolah 2.1 Penyusunan Perencanaan Proses Pembelajaran √ √ 2.2 Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ 2.3 Penialain Hasil Pembelajaran √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ 2.4 Pengawasan proses pembelajaran √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ III STANDAR KOMPETENSI LULUSAN Suyatmi, S.Pd. 3.1 Penyusunan Standar Kompetensi Lulusan yang meliputi untuk semua mata pelajaran yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. √ (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) (11) (12) (13) (14) (15) IV STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN Kepala Sekolah 4.1 Pendidik : - Menetapkan jumlah rasio guru siswa 1:5 √ - Menetapkan kualifikasi akademik guru S1 dengan spesifikasi PLB √ - Mengupayakan semua guru memahami, mengha-yati, dan melaksanakan 4 Kompetensi Guru √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ - Mengusulkan guru untuk memperoleh sertifikat sebagai pendidik (sertifikasi guru). √ - Mengupayakan agar semua guru mampu menggunakan ICT √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ Tenaga Kependidikan : - Mengupayakan Kepala sekolah √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ - Penambahan tenaga untuk tenaga administrasi dan tenaga perpustakaan √ - Bimbingan kerja bagi tenaga kebersihan sekolah. √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ V STANDAR SARANA DAN PRASARANA R.Sudaryanta 5.1 Mengusulkan sarana penunjang pembelajaran ke APBD/APBN melalui Dinas Pendidikan Provinsi. √ √ 5.2 Melengkapi buku-buku sumber belajar dan alat peraga pembelajaran √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) (11) (12) (13) (14) (15) VI STANDAR PENGELOLAAN Arif Widyatma 6.1 Menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ 6.2 Penyusunan struktur organisasi sekolah. √ 6.3 Pengelolaan Administrasi Sekolah √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ 6.4 Pengelolaan Kurikulum √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ 6.5 Pengelolaan Ketenagaan √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ 6.7 Pengelolaan Kesiswaan √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ 6.8 Pengelolaan Sarana dan Prasarana √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ 6.9 Pengelolaan Humas √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ 6.10 Pengelolaan Keuangan √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ 6.11 Pelaksanaan Evaluasi Program Kerja Sekolah √ VII STANDAR PEMBIAYAAN Suchotimah 7.1 Menyediakan dan pendidikan dari BOS √ √ √ √ 7.2 Mengelola dana pendidikan dari BOS secara transparan, efektif, efisien, dan akuntabel. √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ VIII STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN Paijah, A.Ma.Pd. 8.1 Menyusun pedoman penilaian sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan. √ 8.2 Melaksanakan penilaian pendidikan sesuai dengan pedoman. √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ Nama Sekolah : SD Muhammadiyah Banjaran Desa/Kecamatan : Sukoreno/Sentolo Kab/Kota : Kulon Progo Provinsi : D.I. Yogyakarta PENERIMAAN PENGELUARAN/BELANJA No. Urut No. Kode Uraian Jumlah (Rp.) No. Urut No. Kode Uraian Jumlah (Rp.) I 1 SISA TAHUN LALU 0 I 1 PROGRAM SEKOLAH 1.1 Pengembangan kompetensi lulusan (akademik / non akademik) 5.610000 II 2 PENDAPATAN RUTIN 1.2 Pengembangan kurikulum (KTSP) 3.108.400 2.1 Gaji PNS 0 1.3 Pengembangan proses pembelajaran 6.050.400 2.2 Gaji Pegawai Tidak Tetap 0 1.4 Pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan 2.650.000 2.3 Belanja Barang dan Jasa 0 1.5 Pengembangan sarana dan prasarana sekolah 580.800 2.4 Belanja Pemeliharaan 0 1.6 Pengembangan dan implementasi manajemen sekolah 2.618.400 2.5 Belanja lain-lain* 0 1.7 Pengembangan dan penggalian sumber dana pendidikan 0 1.8 Pengembangan dan implementasi sistem penilaian 2.062.000 III 3. BANTUAN OPERASI SEKOLAH (BOS) 3.1 BOS Pusat 30.740.000 II 2 BELANJA LAINNYA 3.2 BOS Provinsi 7.150.000 2.1 Honor GTT,PTT 13.600.000 3.3 BOS Kabupaten/Kota 3.300.000 2.2 Belanja Honor Pembina HW 2 orang 3.210.000 IV 4. BANTUAN 4.1 Dana Dekonsesntrasi 0 4.2 Dana Tugas Pembantuan 0 4.3 Dana Alokasi Khusus 0 4.4 Lain-lain (bantuan luar negeri/hibah)* 0 V 5. PENDAPATAN ASLI SEKOLAH 5.1 Iuran …………… 5.2 Iuran …………… Jumlah Penerimaan 41.190.000 Jumlah Pengeluaran 41.190.000 BAB V PENUTUP Program Kerja Sekolah atau RKS ini disusun sebagai upaya yang dilakukan oleh sekolah dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Program ini disusun berdasarkan pertimbangan dari program-program tahun yang lalu dan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan. Program ini tidak akan berarti apa-apa tanpa suatu pelaksanaan yang baik, oleh karenanya yang sangat menentukan terhadap keberhasilan program ini adalah unsur manusianya, dalam hal ini bidang ketenagaan yang berdayaguna dengan menenmpuh manajemen yang tepat. Tiga hal yang mesti dilakukan berkaitan dengan Program Kerja ini yaitu pembuatan program yang baik, pelaksanaan program yang efektif, evaluasi yang berkelanjutan, dan tindak lanjut untuk selalu meningkatkan dan mengembangkan program yang lebih baik. Melalui tiga tahapan ini tujuan pendidikan yang ingin dicapai dapat terealisasi dengan baik sesuai dengan yang diharapkan.. RENCANA ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA SEKOLAH (RAPBS) TAHUN AJARAN 2012/2013 Nama Sekolah : SD Muhammadiyah Banjaran Desa/Kecamatan : Sukoreno/Sentolo Kabupaten : Kulon Progo Provinsi : D.I. Yogyakarta No. Urut No. Kode Uraian Jumlah (dalam Rp.) I 1 Program Sekolah 1.1 Pengembangan Kompetensi Lulusan (bid.akademik dan non) 1.1.1 Kegiatan Penerimaan Siswa Baru (PPDB) 550.000 Makan dan Minum Rapat Persiapan PPDB 140.000 Penggandaan formulir PPDB 60.000 Honor Lembur dalam rangka PPDB - Honor Panitia PPDB 250.000 Pembuatan Spanduk Sekolah Bebas Pungutan 190.000 1.1.2 Kegiatan Masa Orientasi Siswa Makan dan Minum Masa Orientasi Siswa 70.000 1.1.3 Kegiatan Lomba/Olimpiade Sekolah Pembinaan untuk persiapan lomba/olimpiade 500.000 Transport dan akomodasi siswa peserta lomba 250.000 Transport dan akomodasi guru pembina lomba 250.000 1.1.4 Keg. Remidi/Pengayaan/Pelajaran Tambahan/Les Kegiatan Remidial/Pengayaan 220.000 Penggandaan bahan les 750.000 Honor guru pembimbing 1.500.000 1.1.5 Kegiatan Sukses Ujian Nasional Makan dan minum rapat persiapan UN 40.000 Makan dan minum UN, TPM, Usek 120.000 Biaya latihan Ujian TPM Provinsi 140.000 Biaya Latihan Ujian TPM Kabupaten 240.000 Honor Pengawas UN, Usek 220.000 Honor Koreksi Usek, TPM 120.000 1.1.6 Pemberian Bantuan kepada Siswa Miskin Biaya Transportasi Siswa Miskin - Pembelian Alat Tulis bagi Siswa Miskin - Pembelian Seragam dan Sepatu Siswa Miskin - No. Urut No. Kode Uraian Jumlah (dalam Rp.) 1.2 Pengembangan Kurikulum (KTSP) 1.2.1 Workshop Pengembangan/Review KTSP ATK Pengembangan KTSP 1.379.800 Makan dan Minum Kegiatan Pengembangan 1.168.600 1.2.2 Workshop Pendidikan Karakter & Budaya Bangsa 560.000 1.3 Pengembangan Proses Pembelajaran 1.3.1 Workshop Penyusunan Program Pembelajaran 1.3.2 Penggandaan Buku Mata Pelajaran 2.185.000 1.3.3 Penggandaan Media/Bahan Pembelajaran 1.385.000 1.3.4 Penggandaan Perangkat Pembelajaran (Dokumen 2) 380.400 1.3.5 Kegiatan Karya Ilmiah Siswa - 1.3.6 Kegiatan Ekstrakurikule Kepanduan HW - 1.3.7 Kegiatan Pesantren Kilat 500.000 1.3.8 Kegiatan Pentas Seni/Porsenitas 1.600.000 1.3.9 Honor Pembina Ekstrakurikuler (HW dan TPA) - 1.4 Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan 1.4.1 Kegiatan KKG/MGMP Guru Kelas I-VI 500.000 1.4.2 Kegiatan KKKS/MKKS 500.000 1.4.3 Penggandaan Buku Referensi Perpustakaan 500.000 1.4.4 Penggandaan Buku Referensi Guru 1.150.000 1.4.5 Diklat Peningkatan Kompetensi Guru - 1.4.6 Workshop TIK, Blog, Website Sekolah,dll. - 1.5 Pengembangan Sarana dan Prasarana Sekolah 1.5.1 Pemeliharaan Komputer dan Printer 240.000 1.5.2 Pengadaan Komputer - 1.5.3 Pengadaan Printer - 1.5.4 Pemeliharaan Kamar Mandi dan WC 340.800 1.5.5 Pemeliharaan Gedung Sekolah/Fasilitas Sekolah - 1.5.6 Pemeliharaan Meja/Kursi Siswa - 1.5.7 Pengadaan Meja/Kursi Siswa (pengganti yang rusak) - 1.5.8 Pengadaan Sepeda (alat transportasi) siswa miskin - 1.5.9 Pengadaan Genset (jika tidak ada listrik) - No. Urut No. Kode Uraian Jumlah (dalam Rp.) 1.6 Pengembangan dan Implementasi Manajemen Sekolah 1.6.1 Workshop EDS, SPM - 1.6.2 Workshop Penyusunan RKAS - 1.6.3 Rapat Kerja Akhir Tahun (Pembagian Tugas) 40.000 1.6.4 Kegiatan Supervisi - 1.6.5 Inventarisasi Program Kegiatan Sekolah - 1.6.6 Rapat Kerja Komite Sekolah 300.000 1.6.7 Pembiayaan Pengelolaan BOS 600.000 Penggandaan Laporan BOS 200.000 Insentif Bendahara BOS 400.000 Penggandaan Surat Menyurat - 1.6.8 Belanja ATK (kebutuhan sekolah) Buku Folio 274.000 Stop Map ber_Kop, 158 lembar 47.400 CD, 20 buah 40.000 Flashdisk, 1 buah 100.000 Kapur Tulis 420.000 Spidol Boardmarker, 10 buah 72.000 Bolpoint DR no.2, 10 buah 125.000 1.7 Pengembangan dan Penggalian Sumber Dana Pendidikan 1.7.1 Perintisan Kantin/Warung Sekolah - 1.7.2 Penyusunan Proposal Pengajuan Bantuan - 1.8 Pengembangan dan Implementasi Sistem Penilaian 1.8.1 Ulangan Harian Penggandaan Soal Ulangan Harian 500.000 1.8.2 Ulangan Tengah Semester Penggandaan Soal Ulangan Tengah Semester 500.000 1.8.3 Ulangan Akhir Semester/Ulangan Kenaikan Kelas Penggandaan Soal UAS/UKK 799.000 Honor Koreksi UAS/UKK 100.000 1.8.4 Pengandaan Buku Raport 130.000 1.8.5 Pengadaan Buku Induk 15.000 1.8.6 Pengadaan Buku Nilai/DLPK - 1.8.7 Pengadaan Buku Kemajuan Belajar - 1.8.8 Pengadaan Buku Presensi Siswa 18.000 1.8.9 Honor Penyusunan Raport Siswa - Sub Total Program Sekolah 22.680.000 No. Urut No. Kode Uraian Jumlah (dalam Rp.) II 2 PENGGUNAAN DANA LAINNYA 2.1 Gaji PNS 2.1.1 Honor PNS - 2.1.2 Honor GTT 12.000.000 2.1.3 Honor PTT - 2.1.4 Honor Petugas Kebersihan 1.500.000 2.1.5 Honor Penjaga Sekolah - 2.1.6 Honor Pembina HW 1.800.000 2.2 Belanja Barang dan Jasa 2.2.1 Biaya Langganan Surat Kabar 350.000 2.2.2 Biaya Langganan Majalah Pendidikan/Ilmiah 100.000 2.2.3 Biaya Rekening Listrik 820.000 2.2.4 Biaya Rekening Telpon - 2.2.5 Biaya Rekening Air - 2.2.6 Biaya Modem Internet 300.000 2.2.7 Belanja Minum Kebutuhan Sehari-hari Sekolah 1.640.000 Sub Total Belanja Sekolah 18.510.000 Jumlah 41.190.000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar